13 Mei 2013

Suaramu Sumbang Tapi Ingin Menciptakan Lagu? Pakai Aplikasi Ini

Notasi musik adalah bahasa universal

Begini permasalahannya, saya mempunyai teman band yang tidak dapat bernyanyi, bukan karena bisu melainkan buta nada dan bersuara sumbang. Tetapi dia bersikeras ingin menciptakan lagu, dia bersenandung, merekamnya, memperdengarkannya kepada saya, dan hasilnya sangat membingungkan; bahkan saya tidak tahu harus berkata apa.

Namun, kejadian ini takkan terulang kembali. Mengapa? Karena sudah ada aplikasi bernama ScoreCleaner yang dikembangkan oleh Institut Teknologi KTH di Swedia. Apa itu ScoreCleaner?

Mengingat cerita saya di atas tadi, ScoreCleaner adalah aplikasi, khusus iOS, yang dapat merubah nada samar menjadi nada pasti. Maksudnya? Pengguna dapat bernyanyi atau bersenandung ke mikrofon ponsel mereka, dan ScoreCleaner akan langsung menampilkan notasi tersebut pada layar, lengkap dengan kunci yang tepat, tempo, dan waktu pembuatannya. Setelah bunyi senandungmu terekam, ScoreCleaner akan memainkan ulang rekamanmu dengan suara MIDI piano agar orang lain atau temanmu dapat dengan mudah memainkannya.

"Notasi musik adalah bahasa universal, sehingga pasar untuk aplikasi ini sangatlah besar." kata Sven Emtell, peneliti dan co-founder dari DoReMIR, sebuah lembaga peniliti musik yang ikut mengembangkan aplikasi ini.

DoReMIR dan Institut Teknologi KTH pun sedang mengembangkannya untuk komputer; yang disebut dengan ScoreCleaner Notes Desktop.


Pengguna iPhone sebaiknya tak usah ragu lagi, unduh aplikasi ini dengan harga $1 atau ± Rp 9,700. Dan ciptakan lagumu sendiri tanpa harus berakhir miris.

Sumber: Gizmodo, Gizmag