12 Desember 2012

Heboh Video Yoko Ono Yang Menyanyikan Lagu "Fireworks" Milik Katy Perry

Dan sebenarnya, Yoko Ono tidak benar-benar bernyanyi...


Minggu ini, media musik dihebohkan oleh sebuah video yang menampilkan Yoko Ono sedang menyanyikan lagu 'Fireworks' milik Katy Perry. Dan sebenarnya, Yoko Ono tidak benar-benar bernyanyi, melainkan hanya berteriak tak jelas diiringi oleh dentingan piano lagu Fireworks. Saat melihat videonya, saya tertawa terbahak-bahak sambil memandang heran dan berkata, "Apa yang sebenarnya dia lakukan? Konyol sekali!", sebab ini memang lucu sekali. Lihat sendiri videonya di bawah ini.



Namun, setelah saya menyelidiki lebih lanjut tentang video yang (mungkin) memalukan itu, akhirnya saya menemukan jawaban dari pertanyaan saya sebelumnya.

Video di atas hanyalah sebuah video palsu belaka, atau video yang diunggah untuk sekedar mencari kehebohan semata. Karena apa yang dilakukan Yoko Ono di video itu adalah sebuah bentuk pertunjukan di Museum of Modern Art pada tahun 2010, yang berjudul "Voice Piece for Soprano". Jadi, Yoko Ono mengajak seluruh pengunjung museum untuk berteriak lantang di tengah aula dengan maksud untuk: "Berteriak menantang angin, dinding, dan langit." Lihat video aslinya di bawah ini.



Pesan yang bisa diambil dari kehebohan ini adalah, jangan cepat mempercayai apapun yang baru kamu lihat sebelum ada kepastiannya. Dan jangan mentertawakan apa yang dilakukan dirinya, sebab sebuah seni tak pernah ada larangan dan batasan.