10 Oktober 2012

Pedal Efek Terbaik Sepanjang Masa


Apa jadinya gitaris tanpa sebuah pedal efek? Atau seorang pemain bass yang membutuhkan suara yang 'lebih' dari sekedar suara bass. Jadi, pedal efek apa saja yang dibutuhkan mereka? Dan ini adalah jawabannya, pedal-pedal efek terbaik sepanjang masa.




Seolah mencari sebuah jarum diantara tumpukan jerami, banyaknya merk dan tipe pedal efek kadang membuat seseorang merasa bingung untuk memilih dan membeli. Dan yang ditulis oleh MusicRadar - "The 42 best overdrive, distortion and fuzz pedals of all time", adalah penjelasan atau semacam petunjuk bagi para pemula dan para pecandu pedal efek.

Di situ tertulis beberapa pedal efek baru hingga pedal yang sudah sangat 'jadul'. Seperti Pedal Vox Ice 9, Boss SD-1, Zvex Fuzz Factory, EHX Big Muff Pi, Marshall Guv'nor, hingga pedal efek yang paling terkenal di tahun 60'an yaitu, Maestro FZ-1 Fuzztone. Yang konon katanya, semua gitaris di tahun 60'an menggunakan pedal Maestro FZ-1, maka akan sangat pantas jika disebut sebagai, ' the living legend'.


Mari kita lihat 20 pedal efek terbaiknya:


20. Blackstar HT-Dual

19. Voodoo Lab Sparkle Drive
18. Tech 21 Sansamp
17. Zvex Fuzz Factory
16. Boss SD-1 Super Overdrive
15. Fulltone OCD
14. Fulltone Full-Drive II  Mosfet
13. Boss BD-2 Blues Driver
12. MXR Micro Amp
11. Pro Co RAT 2
10. Dallas Rangemaster Treble Boost
9. Marshall Guv'nor
8. Sola Sound Tone Bender
7. Klon Centaur Professional Overdrive
6. Octavia/o/er
5. Electro-Harmonix Big Muff Pi
4. Dallas Arbiter Fuzz Face
3. Boss DS-1 Distortion
2. Maestro FZ-1 Fuzztone
1. Ibanez TS-808 Tube Screamer

Mungkin ada beberapa nama efek yang mungkin belum diketahui, namun kini kita harus mengetahuinya. Sebab itulah pedal-pedal efek terbaik sepanjang masa.