29 Desember 2012

Indra Lesmana Meluncurkan Aplikasi Musik


Selain lagu-lagu, juga ada video, games, dan sheet music.

Awal bulan November kemarin, musisi Jazz Indonesia, Indra Lesmana, meluncurkan album terbarunya yang bertajuk 11:11. Yang menarik adalah, album 11:11 ini tidak berbentuk CD, kaset, maupun vinyl; melainkan berformat digital, dan hanya bisa didapatkan melalui aplikasi iOS yang bernama, Indra Lesmana.

 Di dalam aplikasi Indra Lesmana ini, kamu tidak hanya dimanjakan dengan alunan lagu-lagunya saja, sebab, di dalamnya juga terdapat sheet music atau kumpulan notasi lagu miliknya yang bisa kamu lihat secara detil. Selain itu, juga ada video dan games yang bisa dimainkan. Namun, untuk bisa menikmati seluruh sajian tersebut, kamu harus membeli aplikasi ini terlebih dahulu di iTunes, seharga Rp 39,000. Kamu bisa mengunduhnya di sini.

Seperti yang ditulis oleh Kompas Tekno, bahwa aplikasi ini telah diunduh 1.000 kali dalam waktu 2 pekan setelah dirilis. Indra bisa melacak siapa saja orang yang mengunduh dan membeli aplikasinya, serta negara asal pengunduh. "Kalau distribusi lewat CD, kita tak akan tahu siapa yang beli lagu kita dan dari mana mereka berasal. Yang kita terima cuma laporan penjualan saja,"






Jadi, kami menyimpulkan bahwa, aplikasi Indra Lesmana ini, selain narsis juga sangat menginspirasi. Mengapa? Karena sepertinya di zaman sekarang, menjadi seorang musisi tak cukup jika hanya pintar bermain musik saja, tetapi juga harus pintar berbisnis.

Dan pertanyaannya adalah, apakah musisi-musisi Indonesia yang lain berani mengikuti langkah Indra Lesmana?