30 Oktober 2012

Kemanakah Limp Bizkit Selama Ini?



Masih ingat dengan Limp Bizkit? Band tahun 2000'an yang sukses dengan genre Hip Metal, dengan nyanyian sang vokalis, "Keep rollin, rollin, rollin, rollin...." atau hentakan Snare Drum sang drummer di intro lagu My Generation? Mungkin sudah banyak orang yang melupakan mereka, dan jika memang benar itu terjadi, maka saya akan mengembalikan ingatanmu dengan memberikan sedikit informasi tentang Limp Bizkit yang selama ini telah luput dari pandangan.



Personil Band

Pada tahun 2001, Wes Borland' sang gitaris resmi mengundurkan diri dari band, dan digantikan oleh Mike Smith. Kemudian tahun 2003, dengan formasi Fred Durst (vokal), Sam Rivers (bass), John Otto (drum), DJ Lethal (DJ), dan Mike Smith (gitar), mereka mengeluarkan album 'Results May Vary'. Lagu 'Eat You Alive' menjadi single di album ini. Dan para kritikus musik mulai memberikan komentar terhadap album ini, kritikan-kritikan buruk pun berdatangan, kian menusuk jantung dan telinga Fred Durst.

Akhirnya Mike Smith pun keluar dari band, menyisakan sebuah album yang tak begitu menawan di hati para fans.


Di tahun 2004, Wes Borland masuk kembali ke dalam formasi band, dan langsung merekam album ke 5 mereka, 'The Unquestionable Truth' (Part 1), dan juga album 'Greatest Hitz'.


Wes Borland dan Gold Cobra

Formasi yang (bisa dibilang) sempurna ini kembali masuk ke studio untuk merekam album selanjutnya. Sambil melakukan tur 'Unicorns N' Rainbows', mereka meluncurkan album yang bernama 'Gold Cobra' di tahun 2009. Borland mengatakan bahwa tidak ada arti khusus dari nama tersebut, namun untuk band sekelas Limp Bizkit, nama album Gold Cobra sepertinya justru menjatuhkan citra dari band itu sendiri.


Single di album ini berjudul 'Shotgun', dan ada yang tidak biasa di lagu ini. Karakter permainan gitar Wes Borland masih seperti saat ia bermain di album 'Chocolate Starfish and the Hot Dog Flavored Water', hanya saja, kali ini ia mencoba sesuatu yang baru yang belum pernah ia tunjukkan sebelumnya. Di lagu Shotgun, kita akan mendengar permainan solo gitarnya, dan ia melakukannya dengan baik, Fresh, sepertinya Borland sangat bersemangat ketika membuat lagu ini.


Limp Bizkit 2012

Tanggal 26 Oktober kemarin, Fred Durst mengumumkan bahwa ia dan personil band lainnya sedang dalam proses pembuatan video klip untuk album selanjutnya, 'The Unquestionable Truth (Part2)'. Video klip ini dibuat untuk single baru mereka yang berjudul 'Ready To Go'.


Sepertinya mereka juga akan berkunjung ke Australia untuk bermain di Soundwave bulan Februari nanti.

Tak Terdengar

Mungkin hanya sedikit yang mengikuti perjalanan karir mereka, dan mungkin bahkan tidak tahu sama sekali. Apakah kamu tahu mereka sempat mengeluarkan album Gold Cobra? Sepertinya tidak. Padahal, di tahun 2000'an band ini menjadi salah satu pionir Hip Metal, bersamaan dengan Linkin Park, Papa Roach, dsb. Musik mereka yang terdengar keren dan bisa menghipnotis orang untuk 'Headbang' seketika, ditambah rayuan lirik Fred Durst yang terkenal 'kotor' dan berbicara semaunya justru membuat nilai lebih untuk band ini.

Tapi, mengapa mereka bisa luput dari radar musik dunia? Bahkan sampai banyak orang yang tidak tahu menahu bahwa Wes Borland kembali menjadi gitaris di Limp Bizkit. Mungkin promosi mereka tidak sekencang dulu, dan perubahan alur musik sekarang ini tak mengizinkan mereka untuk menunjukan eksistensi. Sepertinya Hip Metal sudah tak lagi terdengar nikmat di telinga anak muda zaman sekarang.


Dan sebagai informasi penting dari sebuah pertanyaan, "Seperti apakah Limp Bizkit sekarang?" Saya akan memberikan video yang diunggah oleh band itu sendiri, sebuah lagu yang berjudul "Lightz".


Setelah kamu mendengarkan lagunya, bagaimana menurutmu? Saya ingin tahu pendapatmu tentang mereka, dan tuliskan di bawah sini.