14 Februari 2013

Grammy Awards 2013 "Penampilan Terbaik Dan Terburuk"

Mulai dari skandal kalimat kotor Jack White sampai Adam Levine yang menganggap dirinya perempuan


Grammy Awards adalah acara penghargaan musik yang paling bergengsi. Dan memiliki kesempatan untuk bisa tampil di acara tersebut merupakan sebuah kehormatan yang tak mungkin bisa didapat dimanapun, sebuah pengalaman yang tak ternilai harganya. Sehingga, sebagian musisi cenderung tampil berlebihan dan terlalu sederhana.

Grammy Awards 55th, mulai dari skandal kalimat kotor Jack White sampai Adam Levine yang menganggap dirinya perempuan. Maka, ini dia catatan penting dari kami, penampilan terbaik sampai terburuk di Grammy Awards 2013.

1. Jack White
Entah dia peduli atau tidak, namun Jack White sepertinya tidak terlalu menyadari kalau ia sedang berada di panggung Grammy, ia lebih berniat untuk menghancurkan panggungnya. Ia tampil dua kali membawakan lagu 'Freedom At 21' dimana Jack tampil menggila dan melempar Telecasternya dengan sengaja, lalu membuat skandal mengucapkan kata "Fight" secara samar di lagu 'Love Interruption' sehingga penonton mengira Jack mengucapkan kata kotor, "f**k". Mungkin inilah yang dinamakan, "Rock Attitude".

2. LL Cool J, Chuck D, Tom Morello, Z-Trip, dan Travis Barker
Lagu 'Whaduup' yang dimainkan oleh mereka merupakan penutup yang disajikan secara panas. LL Cool J dan Chuck D seolah dua kelinci hitam yang tak bisa berhenti melompat, Tom Morello masih mengganggap kalau gitarnya adalah Turntable, sedangkan Chuck Z justru bermain layaknya DJ di tahun 90an, dan Travis Barker? Pasti banyak yang akan menirunya. Terlebih, di tengah lagu mereka menyisipkan riff milik Beastie Boys, "No Sleep Till Brooklyn" untuk menghormati Alm. Adam Yauch. Dope!

3. Bruno Mars, Sting, Rihanna, Ziggy Marley, dan Damian Marley
Diawali dengan Bruno Mars dan Sting menyanyikan lagu 'Locked Out Heaven' dengan tempo lebih cepat dari versi aslinya. Lalu mereka membawakan lagu The Police 'Walking On The Moon' dengan tempo yang sama cepatnya. Hey, ada apa ini? Apa Sting dan Bruno Mars terlalu banyak makan coklat? Kemudian Rihanna keluar sambil menyanyikan lagu 'Could You Be Love' milik Bob Marley dan semuanya semakin jelas. Tidak hanya itu, Marley bersaudara, Ziggy dan Damian pun ikut memecah suasana, dan layar besar di atas mereka menampilkan foto sang ayah, Bob Marley. Sepertinya, segala sesuatu tentang Bob Marley pastilah selalu baik.

4. Elton John, Mavis Staples, Zac Brown, Mumford and Sons, dan Britanny Howard
Sebuah tribute untuk Levon Helm, seorang musisi rock dan drummer di The Band. Apa yang menarik? Lebih dari yang kami harapkan. Elton John mengucapkan belasungkawa dan menghadiahkan lagu ini untuk para korban badai Sandy, Mavis Staples musisi wanita Blues tempo dulu yang bernyanyi dengan segenap hatinya, Mumford and Sons sebagai pengiringnya, lalu suara besar Zac Brown dan suara Brittany Howard dari band Alabama Shakes membuat penonton seolah 'tercerahkan'. Sebuah penampilan yang sangat memukau.

5. The Black Keys
Penampilan Rock lainnya dari musisi Rock selain Jack White. Mungkin tidak segila Jack White, namun kewarasan mereka membuat musiknya terdengar lebih 'bisa dinikmati'. Apalagi mereka diiriingi oleh Preservation Hall Jazz Band, alhasil penampilan mereka mengundang kepuasan. Oh, dan di malam itu mereka berhasil memenangkan 3 penghargaan sekaligus, dalam 'Best Rock Performance', 'Best Rock Song', dan 'Best Rock Album'. Garage Rock bangkit kembali.

6. FUN
Heboh, heboh sekali ketika FUN berada di atas panggung. Terutama ketika atap gedung yang disewa oleh Grammy bocor dan air hujan jatuh tepat ke panggung FUN. Huh? Bukan bocor? Ok. Pertama, nama band ini FUN yang berarti senang, mereka senang hujan-hujanan. Kedua, lagu yang dibawakan berjudul 'Carry On', lagunya bagus, dan setelah acara Grammy, sang vokalis Nate Reuss akan melanjutkan acara hujan-hujanannya di dalam kamarnya sendiri, "Carry on, Nate. Carry on". Ketiga, kami berharap semoga penonton yang berada di barisan paling depan membawa baju ganti, sebab mereka akan tak akan menyangka kalau sekarang Grammy mempunyai wahana baru, mengalahkan Disneyland.

7. Taylor Swift
Hey, si cantik Taylor Swift menyanyikan lagu 'We Are Never Getting Back Together', dan membawa kelompok sirkus ke atas panggung. Penampilan yang meriah! Ups, tunggu sebentar, bayangkan jika Taylor Swift tampil di atas panggung Grammy yang besar tanpa ada bantuan dari kelompok sirkus tersebut? Umm, sepertinya akan membosankan. Lagipula lagu ini dinyanyikan hanya untuk dendam pribadinya saja, sebab sebelumnya secara jelas ia mencemooh mantan kekasihnya. Ok. *Ganti channel televisi*

8. The Lumineers
Menyanyikan lagu andalan mereka, 'Ho Hey'. Dan semua penonton ikut bernyanyi bersama mereka mengikuti hentakan bass drum, "Hey! Ho! Hey! Ho! Hey! Ho! Hey! Ho! Hey! Ho! Hey! Ho! Hey! Ho! Hey! Ho! Hey! Ho! Hey! Ho!" secara berulang-ulang selama kurang lebih 2 menit lamanya. Umm. Kami tak sabar ingin teriak, "Lets go!"

9. Maroon 5 feat. Alicia Keys
Pada awalnya, Maroon 5 membawakan lagu 'Daylight', kemudian di tengah lagu terdengar dentuman drum yang ternyata dimainkan oleh Alicia Keys, dan itu membuat kami bertanya-tanya, "Alicia Keys sudah tak bermain piano? Jadi pemain drum?". Alicia Keys bersama Adam Levine menyanyikan lagu 'Girl On Fire' diiringi oleh kawan-kawan Maroon 5. Lalu sekejap, semua berubah, ketika si macho Adam Levine berteriak, "This girl is on fire!" Wow, kini ia menganggap dirinya seorang wanita, yang sedang terbakar pula. Ayolah! Penampilan ini seperti dipaksakan. Kedua musisi ini sudah keluar dari karakternya masing-masing.

10. Frank Ocean
Frank Ocean, penyanyi R&B baru yang berhasil memenangkan piala untuk penghargaan "Best Urban Contemporary Album" tampil di Grammy membawakan lagu berjudul 'Forrest Gump' dengan konsep panggung yang belum pernah kami lihat sebelumnya, dengan mengambil adegan dari film Forrest Gump dimana sang tokoh sedang berlari diikuti oleh orang-orang, dan itu sangat keren. Tetapi, Frank, masalahnya adalah, suaramu pun ikut lari dari nada dasarnya, sehingga suaramu terdengar sumbang, dan itu sangat buruk, Frank. Seharusnya kau bisa lebih baik dari itu. Dan Frank, jika usai acara Grammy nanti ada yang mencemoohmu, janganlah kau takut, cukup berlari Frank. Run, Frank. Run! (FYI: Kalimat ini dikutip dari film Forrest Gump).

Sebetulnya ada 17 penampilan yang disajikan oleh Grammy, dan kami menganggap 7 penampil lainnya berada di antara terbaik dan terburuk, maka dari itu kami tidak perlu menuliskannya. Mereka berada di posisi normal.

Dan itulah tadi catatan dari kami tentang penampilan terbaik dan terburuk yang ada Grammy Award 55th 2013. Bagaimana, menurutmu apa yang kami lewatkan?