2 Mei 2013

TronicalTune: Kepastian Nada Dalam Sekali Petik

Autotune (seharusnya) adalah alat bantu, bukan alat untuk curang




Autotune..Autotune.. dan Autotune... Hidup musisi di zaman sekarang tak pernah lepas dari autotune. Berbagai macam alat dan software seperti Antares kian digunakan di studio-studio rekaman. Bahkan, dengan menggunakan alat itu, suara vokalismu yang sumbang akan terdengar seperti Josh Groban.

Ups, tunggu dulu, untuk autotune yang satu ini berbeda. Mengapa? Sebab ,bagi saya autotune (seharusnya) adalah alat bantu, bukan alat untuk curang. Dengan mengunakan TronicalTune kamu tak perlu lagi memutar pegheads, hanya dengan menekan sebuah tombol maka dalam hitungan kurang dari 5 detik keenam senarmu akan dalam keadaan nada yang selaras.

Masih bingung? Saya berikan video penjelasannya, sekaligus tutorial pemasangannya.


Kabar baiknya, gitar selain Gibson pun dapat menggunakannya, seperti Fender, Charvel dan Yamaha. Kabar buruknya, untuk mengaplikasikannya kamu harus rela membongkar pegheads aslinya.

Dengan uang Rp 2.900.000 kamu dapat membawa TronicalTune yang berisi 6 Robo-Heads, PCB dan Control Interface, batere dan charger. Tentu saja menggunakan batere, dan batere 3.7 V Lithium ini tahan sampai 300 kali tuning.





Oh ya, cara kerja alat berbeda dengan alat-alat tuner yang sudah ada. Kalau alat lainnya mengandalkan bunyi nada, kalau TronicalTune tergerak oleh intensitas ketegangan senar. Oleh sebab itu, sang pembuatnya, Tronical, menyarankan agar tidak menggunakan set senar yang lebih besar dari 0.013 sampai 0.056.

Apakah bisa untuk tuning manual? Tentu saja bisa! Tertarik?

Sumber: Tronical, Gizmag, Gibson