9 Mei 2013

Masuk Ke Dalam Ruang Imaji Queens Of The Stone Age

Band stoner tersukses di dunia

Saya selalu menyukai band yang tak hanya memiliki lagu yang bagus, tetapi juga memiliki cita rasa seni yang tinggi sehingga dapat membuat band tersebut terlihat lebih 'mahal' diantara band-band sekelasnya. Mempunyai cover album dengan desain 'out of box', video klip yang tak hanya menampilkan wajah tampan para personilnya saja, dan musik yang mampu menggambarkan sebuah realita lain ketika kita memejamkan mata. Dan itulah sebabnya mengapa saya menyukai Queens Of The Stone Age.

Band yang sudah berdiri sejak 1996 ini akan mengeluarkan album terbarunya pada 6 Juni nanti. Seperti layaknya band jenius lainnya, QOTSA (disingkat) mengeluarkan gebrakan yang sempat membuat heboh beberapa media musik. Pasalnya, Josh Homme (vokal) menyingkirkan Joey Castillo (drum) yang sudah bermain untuknya selama 10 tahun ini, dan menggantikannya dengan drummer legendaris, Dave Grohl (Nirvana). Mengapa? Ini penjelasannya.

Selain itu, dengan malu-malu, QOTSA pun mengeluarkan cuplikan-cuplikan tentang album barunya, layaknya seorang gadis yang sedang melucuti pakaiannya secara perlahan. Beberapa media musik seperti NME, Uncut, Mojo, dan Kerrang mendapatkan sebuah pesan samar dari QOTSA yang berisi petunjuk tentang albumnya. Dan segala petunjuk tadi membawa kita ke sebuah tanggal dan sebuah nama yang merupakan tanggal rilis dan nama dari album barunya; 4 Juni - Like Clockwork.


Tidak berhenti disitu. Berita tentang QOTSA kian menjadi-jadi. Josh Homme menyatakan bahwa di albumnya nanti ia dan teman-temannya akan bekerjasama dengan bassis lamanya Nick Oliveri, Trent Reznor (Nine Inch Nails), Alex Turner (Arctic Monkeys) dan bahkan Sir Elton John. Elton John? Ya. Untuk bisa berkolaborasi dengannya bukanlah hal yang aneh, sebab Josh memiliki tingkat pertemanan yang luar biasa diantara para musisi. Ia dan Dave Grohl bahkan pernah membuat supergroup bersama bassis Led Zeppelin, John Paul Jones. Band tersebut bernama, Them Crooked Vultures.


Dengan prestasi seperti ini, para penggemar dibuat tak sabar, sudah beberapa kali Josh dan Dave bekerjasama, ia pun muncul di film Sound City  milik Dave. Dan lagu 'No One Knows' menjadi bukti bahwa mereka berdua memiliki keterikatan yang sangat intim. Sebagai bukti, cek video di bawah ini,


Disaat dunia menerka-nerka akan terdengar seperti apa album 'Like Qlockwork' nanti, diam-diam QOTSA justru muncul di Lollapalooza Brazil dan memainkan lagu baru yang berjudul 'My God Is The Sun'. Ini videonya.


Anehnya, yang duduk di kursi drum bukanlah Dave Grohl, melainkan Jon Theodore mantan drummer The Mars Volta. Wow, sepertinya QOTSA tak pernah berhenti memberikan kejutan untuk dunia. Dan kejutan demi kejutan kian bermunculan setelahnya.

QOTSA merilis lagu 'My God Is The Sun' versi album di iTunes, dan disinilah pertamakalinya kita melihat artwork album 'Like Clockwork'. Artwork ini dibuat oleh seniman Inggris, Bona face.


Kemudian, QOTSA baru saja mengeluarkan artwork lainnya berupa cuplikan video dari lagu baru berjudul 'I Appear Missing'.


Dan setelah saya melihat perkembangan dari Queens Of The Stone Age, maka saya berani mengatakan bahwa, Queens Of The Stone Age adalah band stoner paling sukses di dunia. Kamu punya pendapat lain?

----------------------------------------------------------UPDATE------------------------------------------------------------

Dan QOTSA baru saja bermain dalam sebuah 'studio-show' untuk stasiun radio Belgia. Mereka memainkan 2 lagu baru (lagi-lagi) berjudul 'I Sat By The Ocean' dan 'If I Had A Tail'.



Mendengar 4 lagu baru QOTSA  membuat saya yakin bahwa album ini akan terdengar hebat. Setuju?

Sumber: NME, Guardian, Kerrang, Mojo, Uncut, Loudwire, Stereogum