9 Januari 2013

Islandia Dan Musiknya Yang Menyihir Dunia

Benarkah peduduk di Islandia memiliki musikalitas yang tinggi? Mari kita mengenal mereka.


Islandia, negara yang beribukota Reykjavik ini juga dijuluki sebagai 'Tanah Es'. Suhu udara di negara ini mencapai 5 derajat celcius, dan jika kamu sudah terbiasa dengan ikilm tropis Indonesia maka dapat dipastikan bahwa kau akan menggigil kedinginan saat berada di sana. Namun, kita tidak akan membicarakan tentang geografis negaranya, sebab yang akan kita kupas adalah sisi musikalitasnya. Seperti kebanyakan negara eropa, budaya musik Islandia pun menganut genre Folk, dengan petikan gitar, gesekan biola, dan suara keyboard yang menghantui di setiap lagu-lagunya membuat Islandia memiliki musik yang berciri khas.

Pertanyaannya adalah, jika negara ini sedingin julukannya, mampukah musik mereka menghangatkan dunia?

Islandia memiliki banyak musisi yang sudah menyeberang jauh dari tempat asalnya menuju negara dimana musik dapat mendunia. Musisi seperti Björk, Sigur Rós, atau Of Monsters and Men sudah membuat para penikmat musik terkagum-kagum dengan kejeniusan mereka dalam mengaransemen. Dan kita akan membahas mereka semua. Bahkan, kami akan memberikan daftar musisi Islandia yang harus kamu dengarkan!


Siapa yang tak kenal dengan band asal Islandia yang bernama Sigur Rós? Band ini telah menjadi tren dikalangan penikmat musik indie di Indonesia. Bagaimana menurutmu tentang Sigur Rós, apakah musiknya sedingin negaranya? Ups, tahan sebentar jawabanmu itu, sebab kali ini kau harus mengikuti sebuah aturan yang kami sebut, "Tak kenal maka tak sayang." Maka dari itu, mari kita mengenang "mereka-mereka" yang telah lebih dulu mengenalkan Islandia pada dunia.

Jauh sebelum nama Sigur Rós muncul, ada sebuah band di awal tahun 1980, band ini bernama Þeyr (dibaca Theyr) dan sukses menjadi salah satu pelopor untuk kemajuan musik Islandia. Mengapa dikatakan pelopor? Sebab, band ini mengusung aliran Punk-New Wave, yang berarti bahwa band Þeyr telah mengambil genre yang jauh berbeda dari musik asli kebudayaan Islandia, yaitu Folk. Bahkan, pada tahun 1982 band Þeyr ini pernah diundang untuk tampil di London bersama The Cure, namun hal itu tak pernah terjadi; disebabkan oleh ketidaksiapan mereka dalam hal bermusik.

Di bawah ini kami telah menyiapkan video musik mereka yang  berjudul 'Rudolf'. Lupakan tentang Joy Division, The Clash, Yes, dan Grateful Dead, sebab ini adalah Þeyr band Punk-New Wave asli dari Islandia.


Selain Þeyr, juga ada sebuah band dimana Björk menjadi salah satu anggotanya. The Sugarcubes, adalah salah satu band pelopor bagi musik Islandia. Band ini beraliran Psychedelic Post-Punk dengan Björk berumur 11 tahun sebagai vokalisnya; tentu saja ia masih muda dan menggemaskan. The Sugarcubes mendunia pada tahun 1986, ketika itu mereka menandatangani kontrak rekaman dengan label musik di Inggris dan di Amerika. Namun, pada tahun 1992 mereka bubar dan menghentikan perjalanannya. Dan hal ini juga lah yang membuat Björk memulai karirnya sebagai penyanyi solo yang berujung kesuksesan.

Penasaran seperti apa The Sugarcubes? Nikmati musik mereka yang berjudul 'Birthday', musik dari Islandia.



Sementara itu, kamu pasti bertanya-tanya, "Lalu mana bahasan tentang Sigur Rós, Björk, dan Of Monsters and Men? Bahkan daftar musisi Islandia yang sebelumnya dijanjikan?" Tenang, memang Islandia memiliki banyak band yang seperti Sigur Rós, namun kami telah memilih yang menurut kami terbaik diantara yang paling baik. Maka dari itu, kami persembahkan, inilah daftar musisi Islandia yang harus kamu dengarkan!