16 Januari 2013

gTar: Gitar Elektrik Paling Edukatif

Tidak seperti gitar iPhone lainnya.




Masih ingat permainan Guitar Hero? Kita memainkannya dengan sebuah gitar berbahan plastik yang mempunyai 5 tombol berfungsi sebagai chord. Dan hanya dengan menekan 5 tombol itu kita dapat memainkan lagu-lagu rock legendaris dari yang termudah sampai tersulit. Setelah bermain, kita akan berpikir, "Ternyata tidak sulit untuk menjadi gitaris di band rock".

Permainan hanyalah permainan, tak perlu dibuat sulit, yang penting bisa menghibur. Tetapi, sepertinya sebuah perusahaan kecil, Incident, tidak menyetujuinya. Oleh karena itu, mereka membuat sebuah produk yang dinamakan, gTar.

gTar, adalah sebuah gitar elektrik yang menggunakan iPhone. Maksudnya adalah, gitar elektrik ini berfungsi sebagai permainan yang bersifat edukatif. Masih tidak mengerti? Mari, kami jelaskan.

Edukatif

Seperti yang dapat kamu lihat, gitar ini mempunyai lubang yang berguna sebagai dock iPhone. Sedangkan iPhone itu sendiri adalah inti dari gTar ini. Sebab, dengan menggunakan aplikasi iOS khusus untuk gTar, barulah kamu bisa memainkannya.


Permainannya cukup mudah, sama seperti Guitar Hero, kamu harus memilih lagu yang akan kamu mainkan, dan yang harus kamu lakukan hanyalah menekan chord di bagian fretnya. Yang berbeda adalah, chord disini bukan sekedar 5 tombol seperti yang kami maksud di awal paragraf, melainkan kamu akan menekan senar berbahan stainless asli dan chord standar layaknya seperti sedang bermain gitar sungguhan. Chord sungguhan? Lantas, bagaimana jika ada seseorang yang tidak bisa bermain gitar?


Dan disinilah letak edukasinya. Di bagian fret gTar ini telah ditanamkan lampu LED secara menyeluruh. Jadi, bagi kamu yang tidak bisa bermain gitar, ini adalah solusi mudah untuk mulai mempelajarinya. Ketika kamu sudah memilih lagu, maka kamu harus memainkan chordnya, dan lampu-lampu yang ada di fret akan menyala sesuai chord yang harus kita tekan. Jika chord lagu itu berada di E Mayor, maka lampu itu pun hanya menyala di bagian E Mayor saja, dan kamu hanya tinggal mengikuti nyala lampu tersebut, juga jangan lupa untuk memetik senarnya.


Dimainkan Sebagai Gitar Biasa

Hey, bukankah semua gitar elektrik mempunyai pickup? Mengapa di gTar tidak terlihat? Ya. gTar memang tidak memiliki pickup seperti gitar elektrik lainnya. Namun, di bagian bridge gTar ini telah dipasang sebuah sensor yang dapat mendeteksi setiap getaran senar yang kamu petikkan. Dan, gTar ini pun berbahan kayu, maka resonasi suara yang keluar memungkinkanmu untuk memainkan gTar secara biasa.


Namun, karena memakai alat sensor yang berfungsi untuk menyambungkan suara gTar ke iPhone, maka tentu saja gTar pun membutuhkan tenaga yang dihasilkan oleh baterai lithium-ion. Maka dari itu, baterai gTar harus diisi terlebih dahulu selama 6 - 8 jam sebelum dimainkan. Dan juga, untuk bisa mendengarkan suara gitar ini secara jelas, kamu harus menggunakan headphone, karena gTar tidak memiliki speaker bawaan dan suaranya keluar melalui speaker iPhone saja.

Agar tidak penasaran, kami berikan video gTar yang dikeluarkan oleh perusahaan Incident untuk kamu.


Nah, bagaimana? Kabarnya, gTar akan dijual seharga ± Rp 4,400,000. Dan perusahaan Incident membangun gTar secara massal di sebuah pabrik yang bertempat di Shenzen, Cina. Tertarik mencoba? Berikan pendapatmu disini.


Sumber: Engadget, Evolver.fm, Wired