10 Oktober 2012

iStomp: Era Stompbox Digital


Semua gitaris mempunyai masalah yang sama, selalu haus akan pedal efek dan suara yang dihasilkan olehnya.


Ketika sebuah gitar sudah memenuhi syarat akan sebuah suara yang diinginkan, maka stompbox menjadi senjata yang paling ampuh untuk memaksimalkan suara yang hendak dikeluarkan. Namun, “satu tak pernah cukup” adalah semboyan bagi para maniak pedal efek. Satu stompbox hanya bisa mengeluarkan satu suara, baik itu distorsi, delay, chorus, flanger, dll. Sedangkan seorang maniak selalu ingin bereksperimen dengan berbagai jenis suara.

Seperti  halnya iRig, kita merasa dimudahkan untuk bisa memilah-milih dan merangkai efek sesuai selera, namun iRig tidak mampu memberikan taste yang sama ketika kita berada di panggung, sebab iRig lebih terasa ‘studio’ daripada ‘live’. Lagipula, kita membutuhkan sesuatu yang diinjak, bukan disentuh.
Sedangkan iStomp, adalah sebuah efek stompbox (diinjak, bukan disentuh) keluaran Digitech yang mungkin memudahkan seseorang untuk memenuhi hasrat bereksperimennya, dengan cara mengunduh suara. Mengunduh? Ya. Kau bisa mengunduh suara di aplikasi yang telah disediakan oleh Digitech untuk iOS dengan harga ± RP 10,000 per suara, kemudian masukan ke iStomp dan kau siap untuk berada di atas panggung.  Lantas dimana kelebihannya?

Dengan iStomp, kau bisa memiliki empat suara efek tanpa harus mempunyai empat buah pedal. Hanya dengan sebuah iStomp, kau bisa mengganti modulasi menjadi sebuah distorsi, delay menjadi chorus. Ganti sesuai dengan kebutuhanmu.

Begini, misalnya kau mempunyai sebuah efek distorsi, lalu berkeinginan untuk menambahkan sebuah efek lagi, namun kau bimbang antara harus memilih flanger atau phaser, maka belilah iStomp, dan unduh flanger. Ternyata, dalam satu bulan kau memakai flanger, kau merasa masih belum puas dengan hasilnya, maka hapuslah flanger dari iStomp, dan unduhlah phaser. Dengan begitu kau tak harus membeli dua buah stompbox hanya untuk sekedar coba-coba.


Spesifikasi
Terdapat empat tombol putar, stereo I/O, sebuah logo keren Digitech yang dapat menyala, single stomp switch, kabel 30-pin, tidak ada tempat batere 9Volt, namun bisa menggunakan AC Adaptor (lebih maksimal). Aplikasi tempat mengunduh suara efek bernama Stomp Shop App, untuk iPad, iPod dan iPhone.
Sebuah iStomp dikisarkan seharga ±Rp 1,500,000; dan sudah termasuk dengan kabel 30-pin. Dengan menggunakan kabel ini, kau dapat menyambungkan iStomp ke iPhone dengan mudah.


Saya pikir, iStomp dengan efek digital hampir sama fungsinya; yang berbeda adalah package nya. Dan menurut saya, iStomp jauh lebih mudah (karena kecil) dan lebih keren dari efek digital; yang besar dan tak mudah untuk dibawa bepergian. Walaupun bersifat digital namun Digitech tak merubah karakternya, tak ada pengurangan dalam hal kualitas suaranya.

Dan selamat datang di era stompbox digital, dimana kau bisa mengunduh efek-efek Digitech favoritmu, dan padukan dengan stompbox yang telah kau miliki. Voila – kini kau bisa bereksperimen dengan pedalmu. Cukup mengunduh dan injak pedalnya, temukan karakter suaranya, sampai gitarmu mampu berteriak dengan lantang. Karena gitaris selalu membutuhkan pedal yang serba guna. [Satria Gumilang]