22 Oktober 2012

'Munky' Gitaris Korn Membentuk Sebuah Band Bersama Musisi Besar Lainnya

Munky dan bassis dari Faith No More telah membentuk sebuah band. "Saya ingin menciptakan suasana mimpi yang sinematik," ujar Munky.


James "Munky" Shaffer sudah 20 tahun mengabdikan dirinya kepada gitar dan berhasil menjadi salah satu gitaris terkenal dari band Korn. Sekarang, ia mencoba untuk menciptakan sesuatu yang baru, dan membentuk band 'Fear and the Nervous System'. Nama band itu sendiri diambil dari sebuah serial tv pembunuhan di tahun 1960.

Proyek ini sudah direncakan sejak tahun 2008, namun Shaffer mengakui bahwa mereka baru saja melakukan pertunjukan di California Utara dan itu panggung pertama mereka.

"Pertunjukan itu mengingatkan saya ketika Korn pertama kali merintis, membuat saya merendah diri dan merenungkan kerja keras yang sudah Korn jalani selama ini," jelas Shaffer. Dan Shaffer menceritakan bagaimana reaksi penonton saat itu, "Orang-orang menunggu untuk melihat apa yang akan kita mainkan. Mereka seperti sedang mengantisipasi setiap lagu yang akan kami mainkan selanjutnya."

Shaffer pun mengaku, dalam pembuatan band ini ia terinspirasi oleh Wes Borland gitaris dari Limb Bizkit. Karena Borland telah berhasil meluncurkan bandnya sendiri, Burns Black Light.

"Wes adalah orang yang super berbakat dan kreatif. Karya seninya sangat menakjubkan, seperti yang anda lihat di sampul album," ucap Shaffer. Dan lukisan asli Borland itu telah menjadi gambar di sampul album Fear and the Nervous System. "Lukisan ini sangat besar, tingginya 6 kaki dan lebarnya 5 kaki. Ia juga menggambar  bagian dalam sampul album kami. Saya memiliki lukisan aslinya di studio Korn."

Dalam band ini "Munky" tidak sendiri, ia mengajak Billy Gould' bassis dari Faith No More, "Saya benar-benar tidak mengharapkan apa-apa. Ketika saya menjemputnya di bandara, ia membawa bass-nya sendiri, maka saya berpikir kalau ini akan menjadi bisnis yang serius," kenang Shaffer dalam pertemuan pertama mereka. "Ia benar-benar menyukai lagu-lagunya dan ia memainkan seluruh lagu yag ada di album. Ia salah satu pahlawan saya, dan ia mendirikan salah satu band favorit saya, Faith No More." Ia juga menggaet vokalis band Repeater, Steve Krolikowki.

Albumnya Fear and the Nervous System itu sendiri dikemas dengan musik bersuasana gelap dan riff yang berat. "Saya ingin menciptakan suasana mimpi yang sinematik," katanya. "Jadi, ketika kau menutup mata, kau dapat memvisualisasikan sebuah hutan, atau merasa seperti sedang dikejar-kejar."

Jika "Munky" bermain sangat baik di Korn, maka sepertinya ia pun juga akan bermain baik - bahkan mungkin lebih baik lagi di Fear and the Nervous System.